Artikel Immortal


    Manfaat Lipohydroxy Acid (LHA) untuk Kulit Berjerawat

    8 Maret 2017 ιby : admin

    Tingginya tingkat polusi di lingkungan sekitar, pola konsumsi makanan, dan hormon dalam tubuh, merupakan beberapa faktor pemicu timbulnya jerawat pada kulit wajah. Secara biologis, jerawat merupakan penyakit multifaktorial yang terbentuk karena beberapa saluran pilosebasea dalam kulit tersumbat oleh sel keratinosit yang akhirnya membentuk komedo atau jerawat1. Fase jerawat dapat terus berkembang hingga stadium yang parah jika tidak ditangani secara efektif. Peradangan pun dapat timbul dengan tahapan tertentu, dan Propionibacterium acnes memicu timbulnya radang tersebut. P. acnes merupakan suatu organisme microaerophilic yang terdapat di banyak lesi jerawat. P. acnes menstimulasi terjadinya radang dengan memproduksi mediator proinflammatory yang menyebar melalui dinding folikel2.

    Secara global, telah ditemukan berbagai jenis pengobatan dan tindakan medis untuk mengatasi masalah jerawat pada kulit. Pengelupasan kimiawi (Chemical Peel) merupakan bentuk perawatan yang populer dan terjangkau, serta terbukti sebagai metode efektif yang memberikan perbaikan estetika pada beberapa penyakit kulit, seperti acne vulgaris, melasma, hiperpigmentasi pasca peradangan, dan photodamage3. Salah satu agen peeling untuk jerawat aktif yang aman dan efektif cara kerjanya adalah Lipohydroxy Acid (LHA). LHA juga merupakan agen keratolitik ampuh yang dapat memecah korneodesmosom untuk melepaskan kelebihan korneosit dalam kondisi hiperkeratosis4. Toleransi kulit terhadap formulasi LHA juga sudah teruji dan tidak ditemukan adanya efek samping setelah pemakaiannya1. 

    Berbasis cosmeceuticals dengan kepedulian terhadap perkembangan kecantikan, IMMORTAL telah mengembangkan sebuah lini produk LHA (LHA Lines). IMMORTAL LHA Lines merupakan serangkaian produk perawatan untuk kulit berjerawat yang mengandung bahan aktif utama LHA, Salycylic Acid, Lactic Acid, dan Citrus Extract. IMMORTAL LHA Lines memiliki beragam produk yang digunakan secara bertahap berdasarkan fungsinya. Dimulai dari LHA Cleanser for Acne Skin yang berfungsi untuk membersihkan wajah dari kotoran secara maksimal, diikuti dengan penggunaan LHA Anti Acne Refresher untuk menutup pori-pori kulit yang terbuka saat dibersihkan dan untuk menyegarkan wajah. Untuk menyempurnakan pembersihan, gunakan LHA Facial Wash for Acne Skin. Setelah itu, untuk membantu regenerasi kulit dan mencegah timbulnya jerawat baru, LHA Peeling Lotion hadir sebagai solusi. Selanjutnya, produk LHA Acne Gel Treatment dapat diaplikasikan langsung terhadap bagian kulit yang berjerawat. Setelah meresap, tahap akhir adalah mengaplikasikan LHA Anti Acne Cream di seluruh wajah. Penerapan serangkaian tahapan tersebut dengan menggunakan produk yang tepat, yakni IMMORTAL LHA Lines, kulit bersih tanpa jerawat kini bukan sekedar impian lagi.


 

REFERENSI :

1 Uhoda, et.al (2003). Comedolysis by a lipohydroxyacid formulation in acne-prone subjects. European Journal of Dermatology. Volume 13, Numéro 1, 65-8, January - February 2003, Thérapie. URL: http://orbi.ulg.be/bitstream/2268/11088/1/COMEDOLYSIS.pdf (diakses pada 23 Juni 2016)

2Webster GF. Inflammatory acne represents hypersensitivity to Propionibacterium acnes. Dermatology. 1998;196(1):80-1. 

3Al Hussein, S. M., Buicu, F., Maier, D., Al Hussein, H., Ciurba, A., Al Hussein, H., & Dogaru, M. T. (2015). Eficacy of trichloroacetic acid peel versus 15% topical azelaic acid gel in the treatment of acne vulgaris–a comparative study. Acta Medica Marisiensis, 61(1), 25-30.

4Corcuff P, Fait F, Minondo AM, Lévêque JL, Rougier A. A comparative ultrastructural study of hydroxyacids induced desquamation. Eur J Dermatol 2002; 12: XXXIX-XLIII


Jika ada pertanyaan lebih lanjut, hubungi kami